Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Pocket Pada Kelompok A di RA Perwanida 1 Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020

Sari, Dhita Wulan (2019) Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Pocket Pada Kelompok A di RA Perwanida 1 Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BAB FULL DHITA-dikompresi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sari Dhita Wulan, 2019. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Pocket Hijaiyah Pada Kelompok B RA Perwanida 1 Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi, Fakultas Tarbiyah. Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Ulfah Susilawati M.SI Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media dan Pocket Hijaiyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan media pocket hijaiyah pada kelompok B di RA Perwanida 1 Dukuh kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subyek dalam ini adalah anak usia 5-6 tahun yang tergabung dalam kelompok B dan berjumlah 16 anak. Berdasarkan paparan diatas dapat diambil beberapa rumusan masalah yaitu apakah media pocket hijaiyah dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B di RA Perwanida I Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Alasan peneliti menggunakan metode ini adalah karena peneliti terlibat langsung dalam penelitian sehingga peneliti beringinan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dikelas dan minat belajar anak. Tahap-tahap penelitian ini adalah tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan kelas kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak sebesar 29%. Setelah dialakuakn tindakan yang disepakati yaitu dengan manggunakan media pocket hijaiyah diperoleh hasil Siklus I sebesar 58% dan Siklus II meningkat menjadi 89%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 85% yang telah ditetapkan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 08:34
Last Modified: 27 Sep 2019 08:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6343

Actions (login required)

View Item View Item