EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL FALAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sari, Renita Ayu Mustika (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL FALAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RENITA AYU MUSTIKA SARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Renita Ayu Mustika. 2019. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga : Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom M.Sc Kata Kunci: efektivitas, numbered heads together, guided discovery learning, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Al Falah Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. (2) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Guided Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dipakai untuk memahami efektivitas antara variabel bebas yakni model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Discovery Learning dengan variabel terikat yakni hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TO 1 dan 2 SMK Al Falah Salatiga sebanyak 46 siswa. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Independen Sample t test. Pembelajaran menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Discovery Learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Al Falah Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan uji gain diperoleh nilai sebesar 58% yang termasuk dalam kategori cukup efektif (56-75%). Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Discovery Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai p > 0,05 (.275). Jika dilihat dari besar perbedaan rata-rata hasil pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas dapat dilihat dari nilai rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 77,83 lebih besar dari nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 75,65. Sehingga penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Guided Discovery Learning lebih efektif dari penerapan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 09:01
Last Modified: 27 Sep 2019 09:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item