PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI METODE CERITA TERHADAP MINAT MEMBACA BUKU PADA SISWA KELAS V (LIMA) DI MI NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ristiani, Nurul (2019) PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI METODE CERITA TERHADAP MINAT MEMBACA BUKU PADA SISWA KELAS V (LIMA) DI MI NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ristiani, Nurul. 2019. Pengaruh Intensitas Mengikuti Metode Cerita terhadap Minat Membaca Buku pada Siswa Kelas V MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Intensitas, Metode Cerita, Minat Baca Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui variasi tingkat intensitas mengikuti metode cerita pada siswa kelas V di MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020, 2) mengetahui variasi tingkat minat membaca buku pada siswa kelas V MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020, 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh secara signifikan intensitas mengikuti metode cerita terhadap minat membaca buku pada siswa kelas V di MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 60 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dengan menggunakan bantuan SPSS for windows 25. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas One Sample Kolmogrov Smirnov dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variasi tingkat intensitas mengikuti metode cerita pada peserta didik kelas V MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 pada kategori tinggi mencapai 58,33% (35 peserta didik), pada kategori sedang mencapai 21,66% (13 peserta didik), pada kategori rendah mencapai 15% (9 peserta didik) dan pada kategori sangat rendah mencapai 5% (3 peserta didik), 2) variasi tingkat minat membaca buku pada peserta didik kelas V MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 pada kategori tinggi mencapai 53,33% (32 peserta didik), pada kategori sedang mencapai 28,33% (17 peserta didik), pada kategori rendah mencapai 13,33% (8 peserta didik) dan pada kategori sangat rendah mencapai 5% (3 peserta didik), 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas mengikuti metode cerita terhadap minat membaca buku pada siswa kelas V di MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga apabila intensitas mengikuti metode cerita meningkat maka minat membaca buku juga meningkat. Bedasarkan hasil perhitungan uji koefisien determinan (KD) dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 95,84% dan selebihnya 4,16% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka intensitas mengikuti metode cerita terhadap minat membaca buku kelas V di MI Negeri Salatiga sebesar 95,84% sedangkan 4,16% dipengaruhi faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 09:19
Last Modified: 27 Sep 2019 09:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item