PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HOORAY DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS V MI NURUL HIKMAH KEDUNGRINGIN 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Farida, Ida (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HOORAY DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS V MI NURUL HIKMAH KEDUNGRINGIN 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IDA FARIDA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Farida, Ida. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia Melalui Model Pembelajaran Course Review Hooray dengan Media Pop Up Book pada Siswa Kelas VMI Nurul Hikmah Kedungringin 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Dr. Lilik Sriyanti, M.Si Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Course Review Hooray, Media Pop Up Book. Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi dengan adanya hasil belajar siswa kelas V MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 dalam pembelajaran IPS tergolong masih rendah. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah apakah penerapan model pembelajarancourse review hooray dengan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi karakteristik geografis Indonesia pada siswa kelas V MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajarancourse review hooray dengan media pop up book pada siswa kelas V MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 pada tahun pelajaran 2019/2020, dengan subjeknya siswa kelas V materi karakteristik geografis Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputites tertulis, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarancourse review hooray dengan media pop up book dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi karakteristik geografis Indonesia mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum melakukan penerapan yaitu 10 atau 43,47% siswa yang memenuhi KKM dan sesudah penerapan model pembelajarancourse review hooray dengan media pop up book yaitu pada siklus I sebanyak 18 atau 78,26% siswa yang telah tuntas, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 20 atau 86,95% yang telah mencapai indikator keberhasilan secara klasikaldan telah memenuhi KKM yaitu 60 dengan ketuntasan nilai klasikal yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 06:33
Last Modified: 27 Sep 2019 06:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6388

Actions (login required)

View Item View Item