STRATEGI PEMASARAN PRODUK SI MAPAN (SIMPANAN MASA DEPAN) DI KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG SALATIGA

FARROH, EZZAH MAY (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SI MAPAN (SIMPANAN MASA DEPAN) DI KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ta fiks.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Farroh, Ezzah May 2019. Strategi Pemasaran Produk Si Mapan (Simpanan Masa Depan di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Salatiga. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi DIII Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing Taufikur Rahman, S.E., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang kurang menyadari bahwa pentingnya produk Simpanan Masa Depan sehingga KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera membuka produk Si Mapan untuk mempersiapkan hari tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi yang digunakan dalam memasarkan Produk Si Mapan yang dilakukan oleh devisi marketing, kemudian untuk mengetahui apa saja kendala yang di alami saat memmasarkan produk Si Mapan, dan bagaimana upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Serta bagaimana mekanisme nasabah produk Si Mapan. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan objek penelitian lapangan dan Interview. Objek penelitiannya berada di Pasar Raya 1 Blok D No. 13, Jl. Kalinyamat, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menununjukkan bahwa startegi pemasaran di KSPPS BMT Bina Ummat sejahtera dilakukan dengan 4 (empat) Strategi Pemasaran yaitu 1) Segmentasi Pasar, 2) Targeting, 3) Positioning, 4) Diferensiasi, 5) Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan menggunakan Strategi Produk (Product), Strategi Harga (Price), Strategi Tempat (Place),Strategi Promosi (Promotion). Hambatan-hambatan yang dihadapi BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Salatiga dalam pemasaran produk adalah dengan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap BMT, kurangnya SDM yang professional, adanya doubel job marketing, kurangnya frekuensi promosi, kurangnya pemasaran lewat media sosial, banyaknya pesaing BMT lain disekitar. Cara mengatasi kendala dalam pemasaran produk Si Mapan adalah dengan diadakannya sosialisasi masyarakat, menjalin hubungan baik kepada anggota, dengan perekrutan karyawan yang kompenten, diadakanya pelatihan, pemberian penghargaan tenaga pemasar yang memenuhi target, menggunakan lokasi pemasaran yang tepat, lewat periklanan melalui websited, memberi hadiah soufenir kepada anggota disaat pembukaan tabungan Si Mapan agar lebih menarik minat anggota. Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Produk Si Mapan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 13:54
Last Modified: 27 Sep 2019 13:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item