HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA STUDI KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Urwati, Ulil (2019) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA STUDI KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi siap dijilidkan ulil-compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urwati, Ulil. 2019. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Kosentrasi Belajar Siswa Studi Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Salatiga: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Kata Kunci: Keterampilan mengajar Guru, Konsentrasi Belajar Siswa Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap kosentrasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pelajaran Aqidah Akhlak 2) Untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam pelajaran Aqidah Akhlak 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara variabel keterampilan mengajar guru dan variabel konsentrasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 dengan sampel sebanyak 50 Responden. Teknik pengambilan data menggunakan Cluster Random Sampling, metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket untuk mengukur variabel keterampilan mengajar guru dan konsentrasi belajar siswa. Uji coba instrumen keterampilan mengajar guru menghasilkan 15 butir valid dan uji coba instrumen konsentrasi belajar siswa menghasikan 15 butir valid dimana masing-masing variabel berjumlah 30 soal. Uji reliabelitas instrumen keterampilan mengajar guru menggunakan rumus Alpha Cronbach di peroleh (0.689) > (0.279). Uji reliabelitas instrumen konsentrasi belajar siswa menggunakan Alpha Cronbach di peroleh (0.754) > (0.279). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Keterampilan mengajar guru Aqidah Akhlak yang telah dianalisis, tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 42%. 2) Tingkat kosentrasi belajar siswa yang telah dianalisis, tergolong dalam kategori tinggi yaitu sebesar 48%. 3) Adanya pengaruh yang signifikan antara variabel keterampilan mengajar guru dengan variabel kosentrasi belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti karena rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu, 0,535> 0,279 dan taraf signifikan 1% yaitu 0,535> 0,361. Apabila dikonsultasikan dengan tabel maka tabel interpretasi terletak pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 14:05
Last Modified: 27 Sep 2019 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item