PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

NAHROWI, MAHFUD (2019) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MAHFUD NAHROWI.pdf

Download (886kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berbasis HOTS bagi guru kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan model menggunakan ADDIE dengan lima langkah yakni analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data berupa dokumentasi kinerja penilaian guru, angket, observasi, wawancara, ujicoba model. Subjek penelitian yaitu guru dan Kepala Madrasah. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan model penilaian autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik berbasis HOTS guru kelas V MI di Kecamatan Gebog sangat penting dan dibutuhkan mulai dari kinerja sistem; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut. Begitu juga komponen sistem; guru dan sarana prasarana. Produk pengembangan berupa Buku Panduan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS. Hasil uji kelayakan buku panduan dari pakar dan praktisi diperoleh nilai 83,33 dalam kategori sangat layak. Adapun Hasil uji coba terbatas dan uji coba diperluas terhadap penggunaan produk didiskripsikan terdapat peningkatan kualitas kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik sebesar 30,29% dari uji coba terbatas 54,29% naik menjadi 84,57% sehingga produk dapat dikategorikan efektif dan layak digunakan sebagai panduan oleh guru kelas V MI di Kecamatan Gebog. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2019 13:43
Last Modified: 30 Sep 2019 13:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6465

Actions (login required)

View Item View Item