PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN BUKU SAKU MATERI GEMAR MEMBACA KELAS 1 MI SE-KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA

HIDAYATI, PENI NUR (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN BUKU SAKU MATERI GEMAR MEMBACA KELAS 1 MI SE-KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENI NUR HIDAYATI_compressed.pdf

Download (521kB)
[img] Text
PENI NUR HIDAYATI_compressed.pdf

Download (521kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dengan Buku Saku Materi Gemar Membaca Kelas 1 MI Se-Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa.Tujuan penilaian menekankan pada penilaian bagi siswa dalam pembelajaran. Pengembangan instrumen penilaian autentik dengan buku saku bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang sederhana dan mudah digunakan serta membantu guru dalam meningkatkan keterampilan dalam menilai. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah untuk mengukur sikap, pegetahuan, dan keterampilan. Variabel yang menjadi tolak ukur adalah kelayakan produk. Penelitian ini menghasilkan buku saku instrumen penilaian autentik dengan memuat: a) penjelasan dan cara penggunaan buku saku instrumen penilaian autentik; b) kurikulum 2013; c) pengertian terkait penilaian; d) prinsip dan tujuan penilaian; e) penilaian autentik; f) pemetaan Kompetensi Inti (KI); g) pemetaan Kompetensi Dasar (KD); h) instrumen penilaian dalam pembelajaran; i) kesimpulan dan saran. Kelayakan produk bahan ajar ini diuji berdasarkan : a) penilaian ahli pendidikan dengan mendapatkan skor 3,68 yang berarti termasuk kedalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan;b) penilaian ahli pengembangan bahan ajar dengan hasil skor 3,83 yang berarti termasuk kedalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Efektivitas bahan ajar instrumen penilaian autentik dengan buku saku ini dapat dilihat berdasarkan peningkatan rata-rata dari pretest ke posttest pada penelitian penggunaan instrumen penilaian autentik dengan buku saku sebesar 0,475 atau setara dengan 111,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar instrumen penilaian autentik dengan buku saku layak digunakan dan efektif untuk membantu guru dalam melakukan penilaian autentik. Kata kunci: Instrumen, Penilaian Autentik, Buku Saku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2019 16:33
Last Modified: 08 Oct 2019 16:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item