UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJARAQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) P ADA SISWA KELAS III MI AL-IMAN SUKOMULYO KAJORAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2010/2011

SOLIHATUN, SOLIHATUN (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJARAQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) P ADA SISWA KELAS III MI AL-IMAN SUKOMULYO KAJORAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SOLIHATUN.PDF

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : "Apakahpenerapan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkanhasil belajar Aqidah Akhlaq materi akhlak terpuji pada siswa kelas III MI Al­lman Sukomulyo Kajoran Magelang Tahun 2010?".Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah : "Untuk mengetahuimeningkat atau tidak hasil belajar Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji padasiswa kelas III MI Al-Iman Sukomulyo Kajoran Magelang tahun 2010/2011melalui penggunaan metode Contextual Teaching And Leaming (CTL) ",Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenerapkan siklus penelitian. Rinciannya yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasidan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Iman SukomulyoKajoran Magelang Tahun 2010/2011 sebanyak 18 siswa. Data yang diperoleh berupabasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar Aqidah Akhlakmateri akhlak terpuji dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I nilai rata-rata66,7 (72,2%), siklus II nilai rata-rata 68,8 (83,3%), siklus III nilai rata-rata 73(88%).Selain itu dalam observasi (pengamatan) yang dilakukan peneliti dandibantu oleh wali kelas III, pada perhatian siswa mengalami peningkatan darisiklus I, II, dan siklus III yaitu : pada siklus I jumlah siswa yang memperhatikanproses pembelajaran sebanyak 12 anak (66,7%), pada siklus II sebanyak 14 anak(77,8%), dan siklus III sebanyak 16 anak (89%). Dan pada keaktifan siswamengalami peningkatan dari siklus I, II, dan siklus III yaitu : pada siklus I rata-ratakeaktifan siswa mencapai 61% dari keseluruhan siswa, pada siklus II mencapai76,4% dan siklus III mencapai 88,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2020 08:18
Last Modified: 07 Feb 2020 08:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item