PARADIGMA PENDIDIKAN PARTISIPATIF HUMANIS PERSPEKTIF ISLAM (Studi Terhadap Q.S. al-Shaffat ayat 101-112)

Musyahid, Musyahid (2014) PARADIGMA PENDIDIKAN PARTISIPATIF HUMANIS PERSPEKTIF ISLAM (Studi Terhadap Q.S. al-Shaffat ayat 101-112). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUSYAHID.pdf

Download (69MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) Bagaimana deskripsi dan munasabah Q.S. Al­Shaffat: 101 - 112. 2) Bagaimana konsep pendidikan partisipatifhumanis menurutQ.S. Al-Shaffat: 101 - 112. 3) Bagaiman implemntasi konsep pendidikanpartisipatif dalam Q.S. Al-Shaffat: 101 - 112.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk memberi penjelasanterhadap ayat tersebut, menggunakan metode studi pustaka (library research),maka langkah yang ditempuh adalah dengan cara membaca, memahami sertamenelaah buku-buku, kitab-kitab tafsir serta sumber-sumber yangberkenaandengan permasalahan yang ada, kemudian dianalisa. Sumber dataadalah tafsir Al-Qur'an surat Al-Shaffat ayat 101 -112. Kemudian dilengkapibuku dan ayat - ayat lain yang berhubungan dengan pokok bahasan skripsi ini.Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan pendekatan kontekstual, yaitu"mendudukkan keterkaitan antara yang sentral dengan yang perifer adalahterapannya, yang sentral adalah studi tentang ayat-ayat Qur'aniah, dan yangperifer adalah studi tentang ayat-ayat kauniah. Dalam menganalisis ayat penulismenggunakan metode maudhu 'i, yakni menghimpun ayat-ayat Al-Qur' an yangmempunyai maksud sama. Dalam arti sama-sama membicarakan satu topikmasalah dan menyusun berdasar kronologi serta sebab turunnya ayat tersebut.Kemudian penafsir mulai memberikan keterangan dan penjelasan sertamengambil kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Deskripsi dan munasabah Q.S. Al­Shaffat ayat 101-112 bercerita mengenai hal ikhwal mimpi Nabi Ibrahim as. Yangsejatinya wahyu dari Allah swt untuk mengorbankan anaknya sebagai bcntukkeikhlasan dalam pengabdian. Munasabah dengan surat sebelum dan sesudahnyadiantaranya adalah: surat Yasin dan Shad. Surat yasin bagian pertamamengisahkan tentang Nabi Ibrahim dan Isa dengan kaumnya. Bagian keduatentang keadaan hari kiamat. Dalam surat Shad mengisahkan dua kutub yangsaling berlawanan yaitu iman dan kafir serta sejarah nabi-nabi. 2) Konseppendidikan partisipatif humanis dalam perspektif Islam menurut Q.S. Al-Shaffatayat 101 - 112 pendidikan berdasarkan tauhid, mengandung akhlak mulia, bersifathumanis, berkarakter, mempertimbangkan spiritual dan emosional, dialogisbermanfaat bagi umat. 3) Implementasi konsep pendidikan partisipatif humanisdalam persepektif Islam menurut Q.S. Al-Shaffat ayat 101 - 112 adalahpendidikan didasarkan tauhid, orientasi pada aspek afektif dan psikomotorik, polastudent oriented, paham makna pendidikan, peningkatan motivasi belajar, procesoriented, sistem kejuruan diterapakan pada sekolah umum, perlu dukungan danpartisipatif semua pihak, guru bersifat profesional, prioritas dari pemerintahterhadap pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2020 06:57
Last Modified: 10 Feb 2020 06:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7135

Actions (login required)

View Item View Item