Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Penyandang Autis di SMPLB Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014

FITRIYAH, AJNA DINA (2014) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Penyandang Autis di SMPLB Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014. Other thesis, STAIN.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
AJNA DINA FITRIYAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Siswa autis merupakan anak yang mengalami hambatan baik dari segimental, emosi, psikomotorik serta memerlukan penanganan khusus dalam prosespembelajaran. Kunci keberhasilan proses pembelajaran tersebut ditentukan olehbeberapa komponen, diantaranya guru, metode yang digunakan, dan kurikulum.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pembelajaranPendidikan Agama Islam pada siswa penyandang autis di SMPLB NegeriSalatiga, apa saja kenda!a yang dialami guru pendidikan agama Islam dalamproses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan AgamaIslam pada siswa penyandang autis di SMPLB Negeri Salatiga tahun pelajaran2013/2014. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk memberikaninformasi dan masukan kepada semua pihak terutama guru dan lembagapendidikan.Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan analisis data diiakukan dengan memberikan makna dan dengan maknatersebut dapat diambil kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran yang meliputiperencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa autis di SMPLBNegeri Salatiga berpedoman pada kurikulum KTSP dengan modifikasi guru.Pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Salatiga pada siswa penyandang autis adalah(I) Materi yang disampaikan ditekankan pada materi yang bersifat praktis denganmenggunakan metode ceramah, metode quantum teaching, metode tanya jawab,metode praktek, dan metode keteladanan. (2) upaya guru P Al adalah memberikanmateri yang sesuai dengan kemampuan siswa. (3) hasil pembelajaran PAImenunjukkan bahwa siswa autis sudah menjalankan ritual keagamaan dalamkeseharian dan berperilaku seperti tuntunan agama. Yaitu melakukan wudhu dansholat wajib. Kendala yang dialami guru pendidikan agama Islam diantaranyatarget materi P Al tidak selesai, kurangnya jumlah guru PAI, kurang disiplinnyasiswa, dan SMPLB Negeri Salatiga tidak menyediakan terapi khusus untukmengkondisikan siswa autis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:15
Last Modified: 27 Feb 2020 07:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item View Item