Persepsi Mahasiswa tentang Pendidkan Demokrasidan Implikasinya Perilaku Sosial di Sekolah Tinggi Agama IslamNegert (STAIN) Salatiga Tahun 2013/2014

STEFIYANTI, RIKA (2014) Persepsi Mahasiswa tentang Pendidkan Demokrasidan Implikasinya Perilaku Sosial di Sekolah Tinggi Agama IslamNegert (STAIN) Salatiga Tahun 2013/2014. Other thesis, STAIN.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
RIKA STEFIYANTI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan demokrasi memberikan kebebasan pada setiap individudi dalam dunia pendidikan. Akan tetapi pemahaman yang salah tentangkebebasan dapat mempengaruhi hasil dari pendidikan demokrasi yangdiharapkan. Hasil yang dapat dengan jelas terlihat adalah perilaku sosialdari setiap mahasiswa. Dengan demikian, peneliti mengambil temaPersepsi Mahasiswa tentang Pendidikan Demokrasi dan ImplikasinyaPerilaku Sosial di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.Pendidikan demokrasi yang memberikan kebebasan pada setiapindividu seringkali menjadi alasan bagi beberapaindividu untukmelakukan beberapa tindakan yang menyimpang. Kebebasan yangscsunguhnya diberikan bukanlah kebebasan yang mutlak tanpa syarat.Akan tetapi kebebasan ini adalah kebebasan yang digunakan untukmengembangkan potensi positif. Penelitian ini dapat memberikan manfaatdengan memberikan gambaran tentang perilaku sosial yang muncul padamahasiswa menanggapi kebebasan yang telah diberikan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakahpersepsi pendidikan demokrasi pada mahasiswa STAIN Salatiga,bagaimanakah pelaksanaan pendidikan demokrasi serta bagaimanakahperilaku sosial sebagai hasil dari pendidikan demokrasi pada mahasiswaSTAIN SalatigaMetode yang digunakan adalah kualitatif yaitu mendeskripsikandengan bentuk laporan dari teori telah ditemukan dan observasi yang telahdilakukan tentang pendidikan demokrasi analisis tentang perilaku sosialpada mahasiswa.Sebagian besar mahasiswa memahami pendidikan demokrasimerupakan pendidikan yang memberikan kebebasan pada setiap individuyang menjadi peserta didiknya untuk mengembangkan segala potensi yangada tanpa melanggar setiap aturan yang telah ditentukan, Di dalampendidikan yang telah ditempuh saat ini, pendidikan demokrasi memangtelah terlaksana dengan baik dalam perkuliahan a tau lembaga-lembagaorganisasi yang telah tersedia di kampus. Selain itu, pendidikan demokrasitelah menghasilkan perilaku sosial yang baik pada mahasiswa. Kebebasanharus digunakan sesuai dengan koridornya. Pemahaman yang tepat tentangpendidikan demokrasi telah menghasilkan perilaku sosial yang baik padamahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:35
Last Modified: 28 Feb 2020 01:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7675

Actions (login required)

View Item View Item