Peningkatan Hasil Belajar IPS Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Media Gambar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Suprianto, Joko (2020) Peningkatan Hasil Belajar IPS Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Media Gambar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Joko Suprianto-PGMI (23040150146).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV semester I MI Ma’arif Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga melalui dengan media gambar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2019 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Student Team Achievenment Division (STAD) menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil IPS materi subtema keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar IPS subtema keberagaman budaya bangsaku diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa subtema keberagaman budaya bangsaku pada kondisi awal (pra-siklus) 64,31 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,45% (10 siswa) dari 22 siswa yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM). Siklus I sebesar 72,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,72% (16 siswa) yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM). Siklus II sebesar 89,09 dengan ketuntasan klasikal 95,45% (21 siswa) yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:46
Last Modified: 09 Mar 2020 06:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item