PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI DARUSSALAM LEBAK KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN 2014

Hakimah, Siti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI DARUSSALAM LEBAK KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Hakimah_11510023.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan metode dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas V MI Darussalam Lebak Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 3 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes. Berdasarkan penelitian pada siklus I, II dan III diperoleh data bahwa rata-rata siklus I rata-rata pre test 60,7 sedangkan pada pos tes adalah 79,23. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 18,53. Pada siklus II rata-rata pre test 53,84 sedangkan pada pos tes adalah 80. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 26,16. Pada siklus III rata-rata pre test 65,38 sedangkan pada pos tes adalah 87,6. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 22,3. Oleh karena itu terjadi peningkatan rata-rata pre test ke post test siklus I, siklus II dan siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS IV Madrasah Ibtidaiyah Darusslam Lebak Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015, sehingga pengembangan pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode card sort diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 07:13
Last Modified: 09 Feb 2016 07:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item