PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE EKSPERIMEN IPA POKOK BAHASAN MAKANAN BERKARBOHIDRAT PADA SISWA KELAS V SDN KLETEK 01 KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siswanto, Yudi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE EKSPERIMEN IPA POKOK BAHASAN MAKANAN BERKARBOHIDRAT PADA SISWA KELAS V SDN KLETEK 01 KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Yudi Siswanto_11509040.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kletek, Pucakwangi, Pati pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan teknik Eksperimen. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan teknik Eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas V SDN Kletek, Pucakwangi, Pati tahun 2013? Guna menjawab pertanyaaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Makanan berkarbohidrat 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Kletek, Pucakwangi, Pati yang berjumlah 30 38 siswa, terdiri dari laki-laki 24 anak dan 14 anak perempuan.. Penelitian ini menggunakan teknik Eksperimen pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik Eksperimen yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu siklus I 28,9%, siklus II 73,7% dan siklus III 81,6% Mengacu pada hasil penelitian peneliti menyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajarannya dengan menggunakan media, metode dan teknik yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 07:22
Last Modified: 09 Feb 2016 07:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item