PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA BUSABAL RUBIKUS PADA SISWA KELAS V MI KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurcahyo, Guritno (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA BUSABAL RUBIKUS PADA SISWA KELAS V MI KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI GURITNO NURCAHYO.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurcahyo, Guritno. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Realistic Mathematic Education Dengan Media Busabal Rubikus Pada Siswa Kelas V Mi Kumpulrejo 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Balok dan Kubus, Metode Realistic Mathematic Education. Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan hasil belajar Matematika materi volume balok dan kubus pada kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Dikarenakan hasil belajar Matematika pada materi tersebut masih terbilang rendah atau di bawah KKM yaitu 70. Untuk itu metode yang diterapkan guru harus dubah disesuaikan dengan pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalahnya adalah Apakah penerapan metode Realistic Mathematic Education menggunakan media Busabal Rubikus dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang balok dan kubus pada siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020? Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang balok dan kubus melalui penerapan metode Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan media Kubus Satuan Balok Rubik Kubus (BUSABAL RUBIKUS) pada siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang (balok dan kubus) menggunakan metode Realistic Mathematic Education. Penelitian Tindakan Kelas ini (PTK) menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar setiap siklus yang berpatokan pada KKM MI Kumpulrejo 02 yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode RME dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada volume bangun ruang (balok dan kubus). Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukan melalui tes yang telah diperoleh. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 71,4% dan yang belum tuntas 6 siswa atau 28,6% dengan rata-rata kelas 70,2. siklus II yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 88,1.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2020 22:36
Last Modified: 02 Jun 2020 15:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8132

Actions (login required)

View Item View Item