PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA ( MTK ) BERBASIS AUDIO VISUAL AID (AVA) GUNA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

MARYANTO, HENDRI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA ( MTK ) BERBASIS AUDIO VISUAL AID (AVA) GUNA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis Hendri Maryanto NIM 12020170029. new.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Maryanto.Hendri.2020.Pengembangan Bahan Ajar Matematika (MTK) Berbasis Audio Visual Aid (AVA) Guna Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Program Studi Pasca Sarjana pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Rifqi Aulia Erlangga, M.Hum. KataKunci: Media pembelajaran. Audio visual aid, bangun ruang. Berdasarkan observasi awal, di MI NU Al Huda 1 Gebog Kudus sebagai lokasi penelitian. Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Audio Visual Aid menjadikan salah satu kebutuhan bagi seorang pengajar, tentunya penelitin membahsan tentang proses, sampai ke-efektifan produk bagi siswa dan guru.dalam proses belajar mengajar. Sehigga diharapkan motivasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang kreatif, efektif dan inovatif pada pelajaran matematika, khususnya pada bangun ruang. Penelitian ini dilatarbelakangi bayaknya guru yang menggunakan metode pembelajaran masih bersifat “teacher centered, sehingga siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit. Metode Research and Development merupakan metode pengembangan yang peneliti pilih dalam penelitin ini. Desain penelitian terdiri dari analisis temuan (model faktual), desain produk awal, uji ahli, analisis hasil uji ahli, revisi produk, uji coba pemakaian, analisis hasil uji coba, serta produk akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Matematika Berbasis Audio visual Aid mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar kelas IV MI NU AL HUDA I tahun pelajaran 2019/2020 dilihat dari hasil pretest ke posttsest kelas IV Kelompok B yang tidak menggunakan media Audio visual Aid dengan hasil rata-rata 72 % sesertagkan hasil dari pretest ke posttsest kelas IV Kelompok A yang menggunakan media Audio visual Aid dengan hasil rata-rata 91,53 % dengan demikian Media tersebut sangat efektif serta signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2020 15:28
Last Modified: 29 Jun 2020 04:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item