PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RIZQIA, IKFI (2020) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
[SKRIPSI S1 TADRIS IPA 2020] IKFI RIZQIA - IAIN SALATIGA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rizqia, Ikfi. 2020. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Learning; Group Investigation; Minat; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPA materi zat aditif dan zat adiktif melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Salatiga yang berjumlah 30 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Salatiga materi zat aditif dan zat adiktif. Peningkatan minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA terlihat dari minat belajar siswa pada siklus I dimana siswa setuju terhadap penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Sebanyak 7 siswa dari 30 siswa atau 23,3% memperoleh skor minat belajar ? 60 dengan rata-rata 55,1. Pada siklus II sebanyak 27 siswa dari 30 siswa atau 90% yang memperoleh skor minat belajar ? 60 dengan nilai rata-rata 66,03 menunjukkan bahwa siswa sangat setuju terhadap penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa dari 30 siswa atau 43,3% dari 100% dengan rata-rata 74,3. Sementara pada siklus II terdapat sebanyak 26 siswa atau 86,7% yang tuntas dari KKM dan 4 siswa atau 13,3% yang tidak tuntas dari KKM dengan nilai rata-rata siswa 81,17.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2020 11:58
Last Modified: 15 Jun 2020 11:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item View Item