Peningkatan hasil belajar tematik materi komponen ekosistem menggunakan metode gallery walk di kelas V MI islamiyah Surodadi Gringsing Batang tahun pelajaran 2019/2020

HUDA, M ALAMIL (2020) Peningkatan hasil belajar tematik materi komponen ekosistem menggunakan metode gallery walk di kelas V MI islamiyah Surodadi Gringsing Batang tahun pelajaran 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi M. Alamil Huda 23040160180.pdf

Download (8MB)

Abstract

Alamilhuda, Muhammad. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Materi Komponan Ekosistem Menggunakan Metode Gallery Walk di Kelas V MI Islamiyah Surodadi Gringsing Batang Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si Kata kunci: Hasil Belajar, Tematik, Metode Gallery Walk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar Tematik materi materi komponan ekosistem siswa kelas V MI Islamiyah Surodadi Gringsing Batang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Islamiyah Surodadi. Dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar tematik materi komponen ekosistem siswa kelas V MI Islamiyah Surodadi Gringsing Batang tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 34% dan Siklus I ke Siklus II 30%. Berdasarkan peningkatan nilai pada setiap siklus, dari 19 siswa, pada pra siklus terdapat 5 siswa (26%) tuntas belajar, 14 siswa (74%) tidak tuntas belajar. Siklus I terdapat 12 siswa (60%) tuntas belajar, 7 siswa (40%) tidak tuntas belajar. Siklus II terdapat 17 siswa (90%) tuntas belajar, 2 siswa (10%) tidak tuntas belajar. Pada tahap pra siklus sampai siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan 34%. Pada siklus I sampai siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 30%

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 10:04
Last Modified: 17 Jun 2020 10:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item