MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’?N DENGAN METODE MASTER DAN METODE YADAIN (Studi Komparasi Di Ma’had Askar Kauny Istiqomah Bergas Semarang dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Siwatu Wonosobo)

Fakhrurrozi, Imam (2020) MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’?N DENGAN METODE MASTER DAN METODE YADAIN (Studi Komparasi Di Ma’had Askar Kauny Istiqomah Bergas Semarang dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Siwatu Wonosobo). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS AWAL AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’?N DENGAN METODE MASTER DAN METODE YADAIN (Studi Komparasi Di Ma’had Askar Kauny Istiqomah Bergas Semarang dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Siwatu Wonosobo) Masing masing pesantren mempunyai cara atau metode dalam pembelajaran menghafal al- Qur’?n demi untuk menghasilkan seorang tahfidz yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menghafal Al- Qur’?n 30 juz dengan semudah mungkin sehingga orang tidak merasa terbebani dan punya daya positif thingking untuk selalu semangat dalam menghafal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan realita emprik di balik sebuah fenomena secara mendalam, rinci, tuntas dan sistematis. Data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif tidak berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari pengamatan, naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, dan dokumen resmi lainnya. Metode master ini ditemukan oleh Ustadz H. Bobby Herwibowo, Lc pada tahun 2011 dan konsep yang digunakan untuk menghafal yaitu dengan memanfaatkan semua panca indera, ada tiga faktor yang mendominasi konsep ini yaitu: audio yaitu dengan suara yang lantang, fisual dengan melihat gerakan atau gambar yang ada dan kinestetik yaitu dengan gerakan tangan atau kepala yang menunjukkan arti yang dibaca. Ketiga faktor ini ketika dicoba untuk diterapkan dalam menghafalkan al-Qur’?n maka akan mempermudah bagi orang tersebut. Sedangkan metode yadain ditemukan oleh Yadi Iryadi, S.Pd dan Saied Al-Makhtum yang menggunakan konsep visualisasi tadabbur, al- Qur’?n dan jari al- Qur’?n. Kesimpulannya bahwa metode master dan metode yadain ini baik untuk menghafalkan al- Qur’?n 30 juz bagi semua umat Islam. Keyword: Tahfidz al- Qur’?n, Master, Yadain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 21:25
Last Modified: 17 Jun 2020 21:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8318

Actions (login required)

View Item View Item