NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PAGAR NUSA DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA TAHUN 2019

SYAFI'I, M.ILYA (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PAGAR NUSA DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA TAHUN 2019. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI M. ILYAS SAFI'I (23010160370).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Safi’i, M. Ilyas. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Isntitut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Pagar Nusa Tujuan yang hendak diperoleh dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa, apa saja nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa, dan untuk mengetahui hambatan dan solusi terkait pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber 3 jenis yaitu pertama person yang meliputi pengasuh pondok pesantren, pelatih, dan peserta, kedua place yang meliputi tempat latihan, kelengkapan peralatan latihan dan lain-lain, dan yang ketiga adalah paper. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama,kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa bertujuan untuk mengenalkan para santri bahwa nilai-nilai keislaman yang dianut di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah adalah berhaluan ahlussunnah waljamaan, khususnya adalah ahlussunnah waljamaah an-nahdhiyah. Teknis pelaksanaannya adalah 1) Do’a, 2) Pemanasan, 3) Latihan fisik, 4) materi, 5) Praktik, 6) Istirahat, 7) evaluasi, 8) pelemasan, 9) Do’a, dan 10) penutup. Kedua, nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung adalah nilai akidah, nilai syariat, dan nilai akhlak. Nilai akidah meliputi 1) Berdo’a sebelum memulai kegiatan, 2) Himbauan untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim, 3) Himbauan untuk berdzikir dan bersholawat kepada nabi, dan 4) penyampaian pesan yang ada dalam logo Pagar Nusa yaitu ?????? ????????. Nilai syariat meliputi 1) Disiplin saat latihan, dan 2) himbauan untuk melakukan amalan-amalan sunnah. Terakhir yaitu nilai akhlak, yang terdiri dari 1) Ta’dzim, 2) Persaudaraan (ukhuwah), 3) Persamaan (al-musawah), 4) Keadilan, 5) Rendah hati (tawadhu’), 6) Tepat janji (al-wafa’), 7) Lapang dada (insyiraf), 8) Dapat dipercaya (al-amanah), 9) Perwira (‘iffah atau ta’affuf), dan 10) Dermawan (al-munfiqun). Ketiga, hambatan dan solusi dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa adalah 1) Waktu bertabrakan dengan agenda pesantren, solusinya adalah dengan mengadakan kegiatan latihan di waktu lain di luar kegiatan pesantren dan membuat jadwal pribadi terkait masalah tersebut. 2) Peralatan yang terbatas, solusinya adalah dengan mengadakan penarikan kas sehingga dapat digunakan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. 3) Tempat yang panas dan kasar, solusinya adalah dengan mencarikan tempat yang lebih teduh dan memakai matras mobil. 4) Perizinan keluar sulit, solusinya adalah dengan mengajukan izin terlebih dahulu tiga hari sebelum kegiatan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:36
Last Modified: 18 Jun 2020 13:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8338

Actions (login required)

View Item View Item