PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RAHAYU, FITRI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rahayu, Fitri. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Manusia Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, IPA, Learning Cycle Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA materi Organ Gerak Manusia melalui model pembelajaran Learning Cycle pada kelas V di SD Negeri Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Jombor rata-rata kelas yaitu 56,66. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu ? 85% dibuktikan dengan hasil pra siklus pada 19 November 2019 bahwa siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dari 15 siswa dengan presentase 40%. Hal ini dikarenakan sebagian kecil siswa yang memberikan respon baik bertanya maupun menjawab, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, terkadang kurang adanya kerjasama antar siswa dalam memecahkan suatu masalah dan terlihat masih bersifat individual dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Organ Gerak Manusia pada siswa kelas V SD Negeri Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 27 November 2019 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2019. Penelitian dilaksanakan pada kelas V SD Negeri Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang dengan jumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 laki- laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Organ Gerak Manusia pada siswa kelas V SD Negeri Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar IPA materi organ gerak manusia diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Siklus I sebesar 64,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 47% (7 siswa) yang mencapai nilai > 70 (nilai KKM). Siklus II sebesar 79,66 dengan ketuntasan klasikal 87% (13 siswa) yang mencapai nilai > 70 (nilai KKM).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2020 03:21
Last Modified: 22 Jun 2020 14:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item View Item