PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA MENGGUNAKAN METODE SPEED READING DENGAN MEDIA AUDIO - VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Maulida, Nindy Hening (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA MENGGUNAKAN METODE SPEED READING DENGAN MEDIA AUDIO - VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nindy Hening M.-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maulida, Nindy Hening. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Menggunakan Metode Speed Reading Dengan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas IIIB MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agma Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M. Pd. Kata Kunci: Membaca, Speed Reading, Audio-Visual Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode speed reading dengan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas IIIB MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Sebagaimana latar belakang dari penelitian kali ini masih kurangnya kemempuan siswa dalam keterampilan membaca. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang dalam siklus ini mencakup beberapa kegiatan yaitu Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas IIIB MI Ma’arif Kumpulrejo 02. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode speed reading dengan media audio-visual dapat meningkatkan kemampuan membaca teks bacaan Bahasa Indonesia siswa kelas IIIB MI Ma’arif Kumoulrejo 02 tahun pelajaran 2019/2020. Hal itu dapat dilihat dari persentase hasil kemampuan membaca teks bacaan Bahasa Indonesia siswa yang terus meningkat. Pra siklus yang awalnya tuntas hanya 5 siswa atau 25% dan 15 siswa atau 75% siswa belum tuntas dengan rata-rata nilai 62,37 saja. Kemudian nilai meningkat ketika menggunakan metode speed reading dengan media audio-visual. Siklus I sebanyak 13 siswa atau 65% tuntas dan 7 siswa atau 35% siswa belum tuntas dengan rata-rata nilai 70,12. Hasil dari penelitian pada siklus ke II sebanyak 18 siswa atau 90% tuntas dan 2 siswa atau 10% siswa belum tuntas dengan rata-rata nilai 76,75. Karena pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar 90% maka siklus dihentikan dan penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2020 18:20
Last Modified: 20 Jun 2020 18:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item