PENGEMBANGAN WEBSITE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN APLIKASI CMS WORDPRESS

Aryanto, Teguh (2020) PENGEMBANGAN WEBSITE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN APLIKASI CMS WORDPRESS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS TEGUH ARYANTO, NIM.12020180049_PGMI 2018 siapprint.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Teguh Aryanto. 2020. Pengembangan Media Website pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Aplikasi CMS WordPress. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Media website, IPS, WordPress, Hasil Belajar. Permasalahan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Sunan Pandanaran, Candi sardonoharjo Ngaglik Sleman khususnya sub tema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku adalah terbatasnya media penyajian dan proses pembelajaran konservatif yang bertumpu pada metode cerita dan buku guru. Era modern idealnya guru dapat berinovasi dengan media pembelajaran yang berwawasan Teknologi Informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPS yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa subtema Keunika Daerah Tempat Tinggalku. Latar belakang penelitian didasari oleh perlunya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa MI Sunan Pandanaran, candi sardonoharjo Ngaglik Sleman pada pelajaran IPS. Penelitian R&D ini menggunakan langkah model ADDIE. Analysis menganalisis kebutuhan media pembelajaran IPS menggunakan website, Design merancangan produk media pembelajaran IPS melalui website. Development mengembangkan produk media website pembelajaran IPS; Implementation mengimplementasikan media pembelajaran untuk mengetahui efektifitas website yang di hasilkan; dan Evaluation mengetahui efektifitas media yang dihasilkan dapat meninggkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan metode dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Jenis instrument yang digunakan adalah angket pretest dan posttest. Hasil persentase uji kelayakan menurut ahli media sebesar 82,89, %, sedangkan persentase kelayakan materi sebesar 96,25%. Sedangkan akumulasi hasil uji efektifitas sebesar 80,26. Realitas dilapangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 55,00 menjadi 85,50. Dari analisis uji media dan uji materi diperkuat dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka disimpulkan website pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2020 19:52
Last Modified: 20 Jun 2020 19:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item