HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN AKHLAK SISWA MTS AL-ITTIHAD SEMOWO PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

, Ziyadaturrofiah (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN AKHLAK SISWA MTS AL-ITTIHAD SEMOWO PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi ziyadaturrofi'ah PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ziyadaturrofi’ah. 2020. Hubungan Antara Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Akhlak Siswa MTs Al-Ittihad Semowo Pabelan Tahun 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Akhlak Siswa Kemampuan menghafal Al-Qur’an merupakan kesanggupan individu untuk proses memasukkan ayat-ayat Al-Qur’an kedalam ingatan supaya dapat mengingat dan mengucapkannya diluar kepala. Menghafal Al-Qur’an merupakan tugas yang sangat mulia, setiap orang pasti bisa menghafal, akan tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Menghafal Al-Qur’an itu sendiri di MTs Al-Ittihad merupakan program unggulan Madrasah untuk anak yang minat menghafalkan Al-Qur’an. Akhlak siswa merupakan sifat yang tertanam dalam diri seseorang yang perbuatannya timbul dengan mudah dalam sehari-hari tanpa ada pertimbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan akhlak siswa di MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 pada tanggal 18-23 Februari 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa MTs Al-Ittihad Semowo yang masuk dalam katagori sangat tinggi adalah 12%, katagori tinggi mencapai 46%, katagori sedang mencapai 38% dan katagori rendah mencapai 4%. Sehingga secara keseluruhan kemampuan menghafal Al-Qur’an masuk dalam katagori tinggi. Untuk hasil akhlak siswa yang berada pada kategori sangat tinggi adalah 8%, katagori tinggi mencapai 50%, katagori sedang mencapai 35%, dan untuk katagori rendah mencapai 8%. Sehingga secara keseluruhan akhlak siswa masuk dalam katagori tinggi. Untuk hasil korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,429< rtabel 0,388. Dalam hal ini dengan hasil 0,429 terdapat hubungan sedang di lihat dari tabel koefisien korelasi dengan interval 0,40-0,599. Sehingga kemampuan menghafal AlQur’an siswa mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan akhlak siswa dengan hipotesis diterima, artinya semakin tinggi kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa akan semakin bagus pula akhlak siswa yang diterapkannya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2020 14:18
Last Modified: 21 Jun 2020 07:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item