PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA DOMINO CARD KELAS II SEMESTER I MI AL - MAHMUD KUMPULREJO 01 PROMASAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

, Deni Modeana Sari (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA DOMINO CARD KELAS II SEMESTER I MI AL - MAHMUD KUMPULREJO 01 PROMASAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NASKAH SKRIPSI DENI MODEANA SARI 23040160127.pdf

Download (7MB)

Abstract

Modeana, Deni. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media domino card Pada Siswa Kelas II MI Al - Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno.S.Si.,M.Pd Kata Kunci: hasil belajar, IPA, media Domino Card, model Student Team Achievement Divisio (STAD) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II di MI Al - Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga pada materi perubahan wujud benda. Berdasarkan pengamatan diketahui nilai rata - rata siswa kelas II 60.33 dengan KKM 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model Students Teams Achievements divisions (STAD) berbantuan media domino card dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada kelas II di MI Al - Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II MI Al - Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga dengan banyak siswa berjumlah 30 siswa terdiri dari 17 siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi, soal, wawancara dan dokumentasi pada pembelajaran perubahan wujud benda menggunakan model Students Teams Achievements divisions (STAD) berbantuan media domino card. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Student Team Achievenment Division (STAD) berbantuan media domino card dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa kelas II MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan presentase ketuntasan secara klasikal. Siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 53% Jumlah 16 siswa dengan rata - rata 66.99 yang mencapai nilai ? 70(nilai KKM). Siklus II dengan ketuntasan klasikal 90% Jumlah 27 siswa dengan rata - rata 77.49 yang mencapai nilai ? 70 (nilai KKM).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:12
Last Modified: 25 Jun 2020 15:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item