PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019

Prasongko, Eko Budi (2020) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
sekripsi fix jadi kodok - Copy.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prasongko, Eko Budi. Penguatan Pendidikan Karakter dengan Penanaman Nilai-Nilai Religius pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019. Skripsi, Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd Kata Kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai religius Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai religius pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2019. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai religius pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2019. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai religius pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh peneliti, dan terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai religius pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2019 sudah baik. (1) Sarana dan prasarana untuk pembinaan sudah mendukung (2) Pembiasaan-pembiasaan seperti: menerapkan 4S (senyum, sapa, salam, salim) (3) Membiasakan mengucapkan kata tolong, maaf, terima kasih. (4) Sholat Dhuha berjamah (5) Membaca Asmaul Husna bersama-sama (6) Membaca surat-surat pendek sebelum mulai pembelajaran (7) Membaca surat Yasin setiap hari Jum’at (8) Peringatan hari-hari besar Islam sangat mempengaruhi penerapan nilai-nilai religius. Faktor pendukung berjalannya penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai religius adalah adanya sarana prasarana yang sangat mendukung, peran guru dan orang tua yang sangat mendukung. Serta lingkungan masyarakat sekitar yang kondusif (aman dan tentram) yang berdekatan langsung dengan pondok pesantren sangat mendukung dalam menciptakan karakter yang baik. Faktor penghambatnnya disebabkan peran orang tua dalam membina karakter religius peserta didik masih kurang, karena orang tua berfikir bahwa bila peserta didik sudah berada di sekolah mereka mengangap itu sudah hak guru dan orang tua pun lepas dari tanggung jawabnya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 09:14
Last Modified: 23 Jun 2020 09:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8481

Actions (login required)

View Item View Item