PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN APLIKASI QR CODE AND SCANNER PADA SISWA KELAS V MI AL- MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

MURTISARI, RISKA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN APLIKASI QR CODE AND SCANNER PADA SISWA KELAS V MI AL- MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi riska cetak(1).pdf

Download (4MB)

Abstract

BSTRAK Murtisari, Riska. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Dengan Aplikasi Qr Barcode and Scanner Pada Siswa Kelas V MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Suwardi M,Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Aplikasi Qr Barcode and Scanner Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 pada pembelajaran tematik Panas dan Perpindahannya melalui aplikasi Qr Barcode and Scanner. Salah satu penyebab rendahnya nilai pembelajaran tematik di MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 adalah kurangnya motivasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya penggunaan handphone. Dalam penggunaan handphone tidak ada kontrol dari orang tua, sehingga pola bermain anak tidak dapat termonitoring. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah dengan aplikasi Qr Barcode and Scanner dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V Semester II MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga tahun pelajaran 2019/ 2020? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa dan satu orang guru kolaborator yaitu Bapak Kholil Ikhwan, S.Pd.I Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dalam persen sebesar 53,33%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dalam persen sebesar 56,66%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa dalam persen sebesar 93,33%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Qr Barcode and Scanner dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 11:50
Last Modified: 23 Jun 2020 11:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8504

Actions (login required)

View Item View Item