KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

AFIA, MAZIDA (2020) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Mazida Afia (23060160020).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Afia, Mazida. 2020. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: kefektifan; think talk write; minat dan hasil belajar; interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap minat dan hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya pada siswa kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran diskusi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Salatiga, dengan teknik pengambilan sampel pourposive sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut dipilih karena memiliki kemampuan yang sama. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (model pembelajaran kooperatif tipe think talk write) dan variabel terikat (minat dan hasil belajar). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang telah diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas dan angket minat belajar siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dengan uji t-test menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji Independent Sample t Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk hasil belajar dan angket minat belajar siswa. (2) rata-rata skor N-Gain minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 61 lebih dari rata-rata siswa kelas kontrol 57,2 dan pada rata-rata skor N-Gain hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,5 lebih siswa dari kelas kontrol sebesar 74,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya pada siswa kelas VII MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 21:07
Last Modified: 25 Jun 2020 07:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item