PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL E-LEARNING DENGAN MEDIA VIDEOPADA SISWA KELAS IV MIN 4 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nur, Annisa Rahadian (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL E-LEARNING DENGAN MEDIA VIDEOPADA SISWA KELAS IV MIN 4 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NASKAHSKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ramadhani, Annisa Nur Rahadian. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model E-Learning dengan Media Video pada Siswa Kelas IV MIN 4 Sukoharjo. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Model E-Learning, Media Video. Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatan hasil belajar IPA melalui model e-learning dengan media video pada siswa kelas IV MIN 4 Sukoharjo. Hal ini dikarenakan guru hanya memberi tugas seperti mencatat dan membaca tidak menjamin siswa akan belajar di rumah. Pemberian tugas tanpa adanya materi pembelajaran yang disampaikan guru menyebakan hasil belajar IPA masih terbilang rendah atau masih dibawah KBM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa penerapan model e-learning dengan media video dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 4 Sukoharjo yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus tediri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian pada siswa kelas IV MIN 4 Sukoharjo. Jumlah siswa 29 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MIN 4 Sukoharjo. Dilihat dari hasil Pra siklus siswa yang tuntas KBM hanya 14 siswa (48,3%), dan 15siswa (51,7%) yang belum tuntas. Pada siklus I terdapat 24 siswa (82,8%) yang tuntas dan 5 siswa (17,2%) yang belum tuntas, dan pada siklus II terdapat 26 siswa (89,7%) yang tuntas dan terdapat 3 siswa (10,3%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini di hentikan di siklus II karena telah mencapai kriteriaketuntasan klasikalyaitu ? 85% darijumlah seluruh siswa tuntas belajar dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV MIN 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 10:12
Last Modified: 24 Jun 2020 03:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item