UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

, Dyah Nur Sofi (2020) UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_DYAH NUR SOFI_PGMI_23040160085.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sofi, Dyah Nur. 2020. Upaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Permasalahan yang muncul dan ingin dijawab oleh peneliti adalah bagaimana upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta faktor apa yang mempengaruhi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi yang meliputi 3 sumber data hasil observasi, data hasil wawancara, dan data hasil dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kepala sekolah MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga sudah menunjukkan sikap kepemimpinan, yang pertama upaya yang dilakukan kepala sekolah MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga adalah memiliki 2 aspek yaitu aspek akademik dan non akademik. Aspek akademik itu sendiri diantaranya: mengikutkan bapak/ibu guru dalam kegiatan KKG, mengikutkan seminar pendidikan yang relevan dengan guru kelas ataupun guru mata pelajaran, mengikutkan pelatihan pembuatan soal UN ataupun pelatihan menggunakan model/metode pembelajaran yang baru, melakukan pembinaan secara berkala oleh bapak/ibu guru MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga, membuat program kerja sebelum tahun pelajaran baru, mensupervisi bapak/ibu guru secara berkala. Sedangkan aspek non akademik antara lain: merencanakan kegiatan program kerja baru, pembuatan jadwal mengajar, pembuatan jadwal ekstrakulikuler, menghadirkan hafidzoh, mengikuti kegiatan pawai ta’aruf. Kedua faktor pendorong dan factor penghambat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga. Faktor pendorong antara lain: meningkatkan kompetensi guru, semangat dalam pembelajaran, dan kinerja guru. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga adalah minimnya sarana dan prasarana yang ada di madrasah tersebut.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:20
Last Modified: 24 Jun 2020 06:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item