KONSEP DIRI MAHASISWA AKTIVIS TENTANG MODERASI ISLAM DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA

FAIQOH, EMILY FARIDATUL (2020) KONSEP DIRI MAHASISWA AKTIVIS TENTANG MODERASI ISLAM DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Revisi Skripsi Emily Faridatul faiqoh upload.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Faiqoh, Emily Faridatul. 2020. Konsep diri Mahasiswa Aktivis tentang Moderasi Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Kata Kunci: Konsep diri, Mahasiswa Aktivis, Moderasi Islam Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep dan implementasi moderasi Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, serta untuk mengetahui bagaimana konsep diri mahasiswa aktivis tentang moderasi Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (filed research) dan bersifat deskriptif kualitatidf. Sumber data yang diperoleh meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara Dekan FTIK, Wakil Dekan 3 FTIK, Dosen matakuliah Pendidikan Multikultural, dan mahasiswa aktivis intra kampus jenjang fakultas di FTIK IAIN Salatiga, dan sumber sekunder berupa jurnal, buku, modul yang relevan dengan penelitian. Pengumpulan data ini mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, konsep moderasi Islam di FTIK IAIN Salatiga sudah diterapkan, dilihat dari prinsip moderasi Islam yang selalu menjadi dasar dalam ranah akademik hingga dalam berkegiatan. Kedua, konsep diri mahasiswa aktivis tentang moderasi Islam di FTIK IAIN Salatiga, difokuskan dalam tiga hal, yaitu mind, self dan society. Mind (pikiran) pada diri mahasiswa aktivis, setiap individunya memiliki pengetahuan tentang moderasi Islam, yang akan menjadi dasar dalam mereka bertindak, pada (diri) self, mahasiswa aktivis pola perubahan ketika menjadi ‘I’ atau ‘Me’ tetap sama dalam menerapkan moderasi Islam, yang membedakan hanya profesionalitas mereka ketika menjadi ‘Me’. Ketika mereka berperan dalam lingkungannya society memiliki konsep diri yang positif. Karena lingkungan juga ikut serta dalam membentuk konsep diri mereka, yang nantinya digunakan untuk pengaktualisasi diri.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:26
Last Modified: 24 Jun 2020 13:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item