PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN DENGAN METODE KONTEKSTUAL DAN MEDIA SEDOTAN PADA SISWA KELAS II MI AL HIKMAH SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aditiya, Azha (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN DENGAN METODE KONTEKSTUAL DAN MEDIA SEDOTAN PADA SISWA KELAS II MI AL HIKMAH SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
jadi.azha.pdf

Download (4MB)

Abstract

Azha Aditiya, 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Menyeleaikan Soal Pembagian dengan Metode Kontekstual dan Media Sedotan pada siswa Kelas II MI AL Hikmah Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Tarabiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Metode Kontekstual dan Media sedotan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode kontekstual dengan media sedotan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menyelesaikan soal pembagian pada siswa kelas II MI AL Hikmah Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas II MI AL Hikmah Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang yang terdiri dari 21 siswa yaitu 14 laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu testertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 60 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI AL Hikmah Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang) sekaligus ditandai dengan adanya Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode kentekstual dengan media sedotan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menyelesaikan soal pembagian pada siswa kelas II MI AL Hikmah Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil prasiklus sebelum menerapkan metode kontekstual dengan media sedotan hanya 10 atau 47,61% siswa yang tuntas, sedangkan masih terdapat 11 atau 52,38% siswa belum memenuhi KKM. Pada siklus 1 naik 14,29% menjadi 61,90% atau 13 siswa yang tuntas dan ada 38,09% atau 8 siswa yang belum tuntas dari KKM. Kemudian pada siklus II naik 38,10% menjadi 100% atau 21 siswa yang tuntas belajarnya, oleh karena itu, siklus pada Penelitian Tindakan Kelas dihentikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 21:19
Last Modified: 24 Jun 2020 21:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item