PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM BERCERITA MELALUI MEDIA HAND PUPPET DI RA TARBIYATUL BANIN 20 TEMPURAN KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ulya, Lulu''ah Rochimatul (2020) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM BERCERITA MELALUI MEDIA HAND PUPPET DI RA TARBIYATUL BANIN 20 TEMPURAN KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
LULU'AH ROCHIMATUL ULYA 23050150002 PIAUD.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ulya, Luluah Rochimatul. 2019. Pengembangan Kemampuan Berbahasa dalam Bercerita Melalui Media Hand Pupet di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi.Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan .Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Berbahasa dalam bercerita, Media Hand Puppet. Kemampuan berbahasa dalam bercerita pada anak di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran kelompok B menunjukkan bahwa masih rendah.Hal ini dibuktikan ada beberapa anak yang belum mampu mengungkapkan bahasanya melalui bercerita.Selain itu anak di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran masih perlu pembinaan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa dalam bercerita pada anak.Rumusan masalah peneliti ini yaitu Apakah media hand puppet dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dalam bercerita pada anak Kelompok B di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan peneliti ini untuk mengetahui Media hand puppet dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dalam bercerita pada anak Kelompok B di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran yang berjumlah 10 anak meliputi 6 laki-laki dan 4 perempuan. Instrumen penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media hand puppet dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dalam bercerita kelompok B di RA Tarbiyatul Banin 20 Tempuran tahun pelajaran 2019/2020. Persentase keberhasilan Siklus I terdapat 4 anak yang Berkembang Sesuai Harapan(BSH) dengan pencapaian 70%. Siklus II terdapat 9 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Dari Siklus I dan Siklus II telah melampaui criteria ketuntasan yang di tetapkanyaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 90% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada Siklus II ini.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 14:31
Last Modified: 25 Jun 2020 14:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item View Item