HUBUNGAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI MA'ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Wulan, Arini Septiana (2020) HUBUNGAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI MA'ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI-ARINI SEPTIA W (PGMI).pdf

Download (3MB)

Abstract

Wulan, Arini Septia. 2019. Hubungan Pemanfaatan Waktu Luang dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Pemanfaatan Waktu Luang, Kemandirian Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang, kemandirian belajar siswa, dan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan waktu luang dengan kemandirian belajar siswa kelas V di MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019 pada tanggal 14 Agustus 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis uji korelasi dengan menggunakan bantuan Program SPSS Statistics 16. Uji korelasi dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan waktu luang siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Tahun 2019 dalam kategori kurang, dibuktikan dengan perolehan kategori sangat baik sebesar 18,75%, kategori baik 28,1255, kategori kurang 34,375%, dan kategori sangat kurang sebesar 18,75%. Pada kemandirian belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Tahun 2019 dalam kategori sangat kurang, dibuktikan dengan perolehan sangat baik sebesar 21,875%, kategori baik 28,125%, kategori kurang 18,75%, dan kategori sangat kurang sebesar 31,25%. Hubungan pemanfaatan waktu luang dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019 dibuktikan dengan uji Korelasi Product Moment yang menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,496 bertanda positif dengan jumlah responden 32 siswa sehingga rtabel sebesar 0,349. Karena nilai rhitung lebih besar dari rtabel maka hasilnya signifikan dan ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara pemanfaatan waktu luang dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2020 14:56
Last Modified: 13 Jul 2020 08:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item