NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN KUKILA (RAHASIA POHON RAHASIA) KARYA M. AAN MANSYUR

HASANAH, USWATUN (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN KUKILA (RAHASIA POHON RAHASIA) KARYA M. AAN MANSYUR. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
USWATUN KHASANAH 23040160070.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Uswatun. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerpen Kukila (Rahasia Pohon Rahasia) karya M. Aan Mansyur. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. Bahroni, M. Pd. Kata Kunci: nilai, pendidikan, cerpen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerpen “Kukila (Rahasia Pohon Rahasia)” karya M. Aan Mansyur. (2) relevansi nilai-nilai pendidikan dalam cerpen “Kukila (Rahasia Pohon Rahasia)” karya M. Aan Mansyur. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yaitu pengumpulan data dengan cara, membaca, menelaah, memahami, dan menganalisis buku atau tulisan. Baik dari mengakses situs internet, buku maupun dari dokumen yang berkaitan dengan skripsi ini, serta didukung dengan objek penelitian yaitu cerpen “Kukila (Rahasia Pohon Rahasia) karya M.aan Mansyur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen “Kukila (Rahasia Pohon Rahasia)” karya M. Aan Mansyur adalah: (1) nilai moral yaitu: mendengarkan pendapat orang lain, menjaga etika, dan pembentukan karakter orang tua terhadap anak, (2) nilai agama yaitu: menghormati orang tua dan menyempatkan waktu untuk orang tua, (3) nilai budaya yaitu: hukum adat berlaku tidak mengenal anak dan keluarga dan (4) nilai sosial yaitu: memaafkan kesalahan orang lain. Kedua, relevansi nilai-nilai pendidikan dalam cerpen dengan pendidikan tingkat dasar adalah (1) nilai moral yaitu peran guru seharusnya bisa memutuskan sesuatu dengan adil juga mau mendengarkan penjelasan muridnya, sebagai murid seharusnya mematuhi aturan yang ada di sekolah bukan membuat masalah, orang tua seharusnya memperhatikan perkembangan anaknya dan dapat menajadi contoh bagi anaknya. (2) nilai agama yaitu: dalam agama sudah diajarkan bahwa kita harus selalu menghormati kedua orang tua, dan guru memberi nasihat kepada siswanya kelak jika dewasa dia selalu ingat orang tua juga menyempatkan waktu untuk mengunjungi meskipun sibuk. (3) nilai budaya yaitu: guru memberi penguatan kepada siswanya bahwa hukum adat dan hukum negara diperkuat dengan hukum agama harus dilakukan apabila ada yang bersalah bahkan itu tidak mengenal anak atau keluarga dari pemangku adat, dan (4) nilai sosial yaitu: sebesar apapun kesalahan orang lain terhadap kita tetapi tetap harus memaafkan kesalahan tersebut walaupun itu sulit.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2020 11:17
Last Modified: 13 Nov 2020 11:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9948

Actions (login required)

View Item View Item